Belajar Kriptografi/Enkripsi Lebih Mudah Dg Program Gratis CrypTool

Bagi mahasiswa atau praktisi IT yang mempelajari tentang Kriptografi (ilmu tentang enkripsi data atau tulisan, kode rahasia dan sebagainya, lihat definisi kriptografi di kbbi), biasanya tidak mudah untuk belajar dengan hanya membaca saja. Jika ada diagram atau visualisasi tentu akan lebih memudahkan, dan salah satu program/software gratis untuk membantu mempelajari kriptografi yang cukup lengkap adalah CrypTool.

CrypTool 2 merupakan program gratis (Open Source) yang dikembangkan oleh tim dari University of Kassel (Jerman), termasuk juga beberapa professor menjadi tim intinya. Program ini sangat bermanfaat, terutama mahasiswa IT yang sedang mempelajari masalah atau kuliah tentangKriptografi. Tetapi bagi pengguna umum atau praktisi komputer juga bisa bermanfaat terutama yang ingin mempelajari tentang algoritma atau metode berbagai algoritma enkripsi yang sebenarnya sudah kita gunakan sehari-hari (misalnya membuka website dengan https) atau ingin tahu dan memecahkan sendiri bagaimana pesan rahasia yang digunakan dalam masa Perang Dunia.

cryptool-enigma

Untuk fiturnya tidak perlu diragukan lagi, karena CrypTool menyediakan lebih dari 300 algoritma yang bisa digunakan. Pengguna bisa menyesuaikan sendiri berbagai parameter atau indikator yang akan digunakan untuk setiap algoritma. Tidak heran jika program ini telah menerima berbagai penghargaan dalam bidang keamanan.

Beberapa fiturnya antara lain :

  • Memberikan antarmukan untuk mempelajari berbagai algoritma kriptografi, termasuk visualisasi yagn bisa diatur berbagai parameternya
  • Tampilan menggunakan antaramuka Office 2007
  • Menyediakan berbagai algoritam Cipher klasik, seperti Caesar, Enigma, Hill Cipher, M209, Solitaire, Substitution, XOR, Trasnposition dan sebagainya
  • Menyediakan berbagai algoritma Cipher modern baik Algoritma kunci Simetris (misalnya AES, DES, HC128, Camellia, RC2, RC4, Salsa20, SDES, TEA, Twofish, dan sebagainya) ataupun Algoritma Kunci Asimetris (DGK, Paillier, RSA, RSA Key Generator)
  • Beberapa algoritma atau metode dalam Stenografi, seperti penyisipan, LSB dan Permutasi
  • Berbagai algoritma fungsi Hash, seperti CRC, Keccak, MD5. PKCS, RIPEMD160, SHA, Tiger dan Whirpool
  • Menyediakan fitur Cryptanalist, atau ilmu untuk memecahkan data yang di enkripsi tanpa menggunakan kuncinya, misalnya dengan mempelajari kepadatan huruf. Disediakan berbagai metode untuk memecahkan algoritma berbagai algoritma enkripsi, seperti Caesar Analyser, Cube Attack, Enigma, IDP Analyser, Key Searcher, Solitaire Analyser, Transposition, Frequency Test, Prime Test, Factorizer dan sebagainya
  • Tersedia berbagai protokol seperti HMAC< LSFR, NLFSR, Oblivious, Coin Flipping, WEP Protokol dan sebagainya
    Berbagai perangkat simulasi seperti AN, OR, NOT, XOR, Boolean Input, Clock, Gate, Variabel Load, Splitter, Random generator, Input tet, output dan sebagainya

Penggunaannya yang belum terbiasa dengan drag and drop dengan tampilan yang kurangfamiliar, mungkin awalnya agak kesulitan, tetapi setelah beberapa kali dipalajari seharusnya akan semakin mudah. Dengan fitur ini, maka kita bisa menggabungkan berbagai algoritma sendiri sesuai dengan kreatifitas.

visualisation

Daftar diatas hanya beberapa fitur yang bisa dituliskan, karena untuk masing-masing fitur diberikan berbagai fitur lebih daetail yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Untuk mencobanya silahkan mengunduh CrypTool 2 (58.3 MB)

sumber:http://ebsoft.web.id/belajar-kriptografi-enkripsi-mudah-dg-program-gratis-cryptool/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s